MGV6LGp9MWNbLGV7NWR9MaF4x7ogxTcoAnUawZ==
MASIGNCLEANLITE104

Lengkap ! 3 Cara Menghemat Baterai Android 10 Supaya Tahan Lama

Cara Menghemat Baterai Android- Sistem Operasi Android 10 telah banyak dipakai di sejumlah pabrikan smartphone.mungkin saja smartphone kalian telah menggunakannya yang mana Android 10 ini mempunyai fitur menarik yaitu peningkatan daya tahan baterai.

Android 10 banyak disebut-sebut oleh para pecinta Android dengan sejumlah kelebihan di dalam perbaikan untuk meningkatkan daya tahan baterai yang terdapat di smartphone android.

Meskipun seperti itu tetap saja terdapat dampak beragam terhadap smartphone Android tergantung dari pabrikan yang membuatnya.

Meski begitu, dampak ke smartphone Android bisa beragam tergantung dari pabrikan yang menggarapnya. Begitu juga dengan sistem antarmuka yang dipakai.

Lalu bagaimana cara menghemat baterai Android 10?

Bagi kalian yang sudah menggunakan sistem operasi Android 10, Jangan khawatir untuk menghemat baterai Android 10, karena kita mempunyai tips cara menhemat baterai android  untuk diterapkan supaya lebih menghemat baterai Android untuk digunakan.

Baca Juga: Berhasil ! 3 Cara Mengaktifkan Data Seluler Yang Tidak Muncul Di HP

Namun, sebelum membahas Cara Menghemat Baterai Android 10 mari kalian ketahui terlebih dahulu tentang kelebihan dan kekurangan menghemat baterai Android 10 berikut ini.

Kelebihan Menghemat Baterai Android 10

1. Baterai tahan lama dan awet

2. Android semakin kencang

3. Performa ponsel tidak lemot

4. Tidak cepat cash ponsel

5.Baterai tetap aman

Kekurangan Menghemat Baterai Android 10

1. Pencahayaan tambah kurang

2. Android cepat panas

3. Aplikasi terkadang macet

Nah, itulah beberap kelebihan dan kekurangan yang terdapat di ponsel kalian ketika menghemat baterai android. maka dari itu kalian usahakan ketika menggunakan ponsel gunakan secukupnya supaya tetap di dalam performa terbaiknya.

Cara Menghemat Baterai Android 10

Beberapa cara yang kalian lakukan supaya baterai Android tetap hemat walaupun digunakan berjam-jam.makanya kalian terapkan yang disebutkan di bawah ini.

1. Menggunakan Google Pixel dan Android One

Bagi Kalian yang menggunakan smartphone Google Pixel atau HP dengan sistem Android One, Kalian dapat menghemat baterai smartphone dengan menerapkan tips berikut:

Pastikan fungsi Adaptive Battery diaktifkan

Fitur Adaptive Battery ini memantau penggunaan baterai di ponsel Android. Adaptive Battery menggunakan pembelajaran mesin di perangkat untuk mengetahui aplikasi mana yang akan digunakan pengguna dalam beberapa jam mendatang dan aplikasi mana yang tidak akan lagi mereka gunakan nanti.
Berikut cara mengaktifkan Adaptive Battery buka Settings > Battery > Adaptive Battery > aktifkan toggle.
Aktifkan mode Battery Saver

Saat mode Battery Saver diaktifkan, ponsel Android Kalian akan membatasi cara kerja aplikasi, sehingga pengguna dapat menghemat konsumsi baterai perangkat mereka.

Jika pengguna tidak ingin mode penghematan baterai dinyalakan terus menerus, mereka dapat mengaturnya untuk menyala secara otomatis ke persentase baterai tertentu.


Pengaturan default menetapkan laju baterai menjadi 15 persen, tetapi dapat mengaturnya menjadi 5 persen dan 75 persen.

Setting Fitur Always On Display

Jika Kalian menggunakan fitur Always On Display, Kalian mungkin mengalami penurunan masa pakai baterai yang lebih cepat, sehingga Kalian dapat menonaktifkan fitur ini.
Berikut ini cara membuka fitur Always On Display Buka Settings > Display > Lock screen display > pilih opsi Selalu matikan Always On Display.
Ini akan menjaga baterai pengguna selama mungkin dibandingkan dengan sebelumnya.

2. Menggunakan Samsung One UI 2


Bagi Kalian Untuk menyimpan pengguna Samsung One UI 2 untuk mengetahui cara menyimpan baterai Android 10, Kalian perlu menerapkan tips berikut:

Aktifkan fungsi Adaptive Battery

Sama seperti pengguna Google Pixel dan Android One, pengguna Samsung One UI 2 juga harus mengaktifkan baterai adaptif jika ingin baterai smartphone mereka lebih tahan lama dan tahan lama.

Setting mode Power saving

Hal ini yang dapat dilakukan pengguna Samsung adalah menerapkan fitur mode power saving. Meskipun Samsung telah menerapkan mode optimal secara default, mode hemat daya dapat diatur ulang jika pengguna menginginkan mode yang lebih hemat baterai.

Setting Mode Always On Display

Samsung adalah salah satu pelopor awal teknologi Always On Display dengan layar OLED dan memiliki banyak pengaturan untuk disesuaikan ketika fitur Always On Display diaktifkan.
Untuk cara mengaktifkan mode Always On Display Samsung Pengaturan Always On Display ubah dari "show always" ke "show as scheduled" atau "tap to show". 

Opsi pertama memungkinkan pengguna untuk menyalakannya untuk waktu tertentu, sementara opsi terakhir akan menghemat sejumlah besar baterai.

Pengguna juga dapat menyesuaikan kecerahan layar yang selalu dihidupkan agar diatur ke persentase rendah, yang menghemat masa pakai baterai dibandingkan dengan mode kecerahan otomatis

3. Baterai penyimpanan untuk semua smartphone Android 10


Menghapus aplikasi yang tidak digunakan

Mengaktifkan penghemat baterai berguna untuk menghemat baterai, tetapi akan lebih baik jika ponsel Kalian tidak memiliki banyak aplikasi yang tidak Kalian gunakan.

Sistem pada perangkat melakukan banyak pekerjaan latar belakang untuk aplikasi yang tidak digunakan, pengguna dapat menghemat lebih banyak persentase baterai dengan menghapusnya.

Membatasi akses ke lokasi latar belakang

Pembaruan Android 10 memiliki sistem izin baru yang memungkinkan pengguna untuk memilih apakah aplikasi dapat mengakses lokasi ponsel.


Dengan memilih lebih sedikit aplikasi yang memiliki akses ke lokasi, pengguna dapat menghemat masa pakai baterai.
Cara membatasi akses ke lokasi latar belakang buka Settings > Privacy > Permission manager > Location untuk melihat daftar setiap aplikasi yang memiliki akses ke lokasi ponsel.

Pengguna dapat mengubahnya menjadi opsi Izinkan saja saat menggunakan aplikasi jika mereka ingin membatasinya.

Sekian saja yang dapat kami bahas Cara Menghemat Baterai Android 10. jika ada yang ingin di sampaikan silahkan berkomentar di bawah ini.

Semoga bermanfaat dan membantu kalian.
Share This Article :
Moh Shahibul Ulum

Media online yang menghadirkan berbagai informasi mengenai dunia teknologi saat ini.

517994432916024759