MGV6LGp9MWNbLGV7NWR9MaF4x7ogxTcoAnUawZ==
MASIGNCLEANLITE104

{Lengkap} 4 Cara Mengatasi Windows 10 Error Recovery Terus-Menerus

Kehadiran Windows 10 yang mempunyai beragam fitur yang sangat menarik, akan tetapi tetaplah saja banyak para pengguna Windows yang masih tetap di Windows 7 sebagai Sistem Operasi yang kalian gunakan.

Tidak hanya kenyataan seperti saja, tidaklah sedikit para pengguna yang mempunyai anggapan Windows 10 ini sangat mudah sekali.

Di awal tahun 2020, Microsoft memutuskan untuk meninggalkan Windows 7 dan mengfokuskan kepada Windows 10 untuk masalah update sistem operasi, tetapi terkadang terdapat banyak troubleshooting di Windows 10 .

Berbicara seputar Windows 10 tentu saja banyak troubleshooting yang kalain temui pada sistem operasi Windows 10. Maka kalian terpaksa harus memperbaikinya sendiri.

Salah satu troubleshooting pada Windows yaitu Windows blue screen, Windows Error Recovery, Windows black screen dan troubleshooting lainnya.

Baca Juga: Berhasil ! 3 Cara Mengatasi Windows Script Host Access is Disabled di Windows 10

Kali ini kalian dapat membaca secara lengkap ulasan tentang Cara Mengatasi Windows Error Recovery pada Windows 10, Sebelum itu sebaiknya jika kita mengetahui terelebih dahulu apa penyebab munculnya Windows Error Recovery.

Sekilas Windows Error Recovery

Perlu kalian ketahui bahwa Windows Error Recovery adalah bukan sebuah error yang terjadi di sistem operasi Windows 10. 

Windows Recovery ini biasa ditemukan, namun yang menjadi sebuah permasalahan yaitu ketika halaman Windows Recovery ini muncul terus-menerus, walaupun Windows telah di Restart.

Buat kalian yang sedang mengalami Windows Recovery, sebelum kalian mencari sebuah solusi, sebaiknya kalian memahami terlebih dahulu penyebab dari Windows Error Recovery tersebut. 

Penyebab Windows Error Recovery

Penyabab yang kalian perlu ketahui ketika Windows Error Recovery di sebabkan beberapa macam troubleshooting, di antaranya yaitu sebagai berikut:

1. Virus

Virus memjadi permasalahan pertama karena bisa mempengaruhi banyak data, tidak terkecuali data Sistem Operasi Windows yang ujung-ujungnya berdampak pada proses Booting Windows. 

2. Data Sistem Corrupt

Data Sistem Corrupt adalah sebuah kerusakan data yang terjadi pada sistem operasi Windows sehingga tidak dapat dibaa oleh Komputer atau Laptop, hal tersebut menyebabkan masalah Booting Windows.

3. Komputer Mati Tiba-Tiba

Ketika komputer kalian tidak mengalami Shutdown secara benar, maka hal tersebut dapat menyebabkan Windows Recovery yang akan muncul setelah dinyalakan kembali.

Cara Mengatasi Windows Error Recovery

Windows Error Recovery ini sering kalian temui, terutama ketika komputer kalian mati tiba-tiba di karenakan listrik yang kurang Stabil atau mengalami penurunan, sehingga menyebabkan komputer kalian ketika menjalankan sistem operasi.

Kejadian seperti sering terjadi sehingga ketika kalian menghidupkan kembali komputer tersebut mengalami Windows Error Recovery, Namun hal tersebut tidak menyebabkan Error terhadap sistem operasi.


Untuk mengatasi Windows Error recovery tersebut dapat kalian atasi menggunakan beberapa cara di bawah ini yang dapat kalian ikuti agar Windows 10 berjalan normal.  

1. Jalankan Startup Repair


Menjalankan Startup Repair adalah merupakan sebuah fitur yang dapat kalian jalankan sebagai sebuah solusi untuk mengatasi Windows Error Recovery.

Startup Repair ini program yang memiliki peran terbaik di dalam memperbaiki sistem operasi error sehingga sampai menyebabkan proses booting terganggu.

Kalian bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menjalankan Startup Repair untuk mengatasi Windows Error Recovery.

Tetapi sebelum kalian menjalankan Startup Repair, berikut ini catatan seputar dampak jalankan Startup Repair.
Catatan:
  • Fitur Windows Startup Repair ini secara otomatis akan mencari penyebab masalah dan memperbaikinya.
  • Proses Startup Repair terkadang cepat dan terkadang juga lama. tergantung dari kapasitas Hardware Komputer dan Laptop kalian.  

Berikut ini langka-langkah menjalankan Startup Repair di bawah ini

1. Restart terlebih dahulu komputer atau laptop oleh kalian.

2. Selanjutnya akan muncul menu Windows Error recovery » Pilih Repair Your Computer.

3. Setelah itu akan muncul menu Input » Pilih US »Klik Next.

4. Kalian akan menemui Recovery Options » Selanjutnya klik Startup Repair.

5. Selanjutnya tunggu proses Recovery hingga selesai.

Setelah proses Startup Repair selesai, kalian silahkan restart kembali komputer supaya langsung melakukan booting secara normal. 

2. Jalankan Start Windows Normally

Start Windows Normally ini adalah sebuah fitur bawaan Windows 10 untuk mengatasi Windows Error Recovery yang mana dengan menjalankan Windows Normally akan berjalan dengan normal kembali.

Jika cara ini masih belum berhasil, maka di pastikan masalah Windows Error Recovery ini di sebabkan karena kalian mematikan sistem operasi Windows 10 tidak benar. sebagaimana yang saya lakukan ketika mematikan laptop secara paksa.
 
Berikut ini langkah-langkah menjalankan Start Windows Normally  

1. Hidupkan Komputer atau Laptop kalian.

2. Kemudian setelah hidup, kalian pilih menu "Windows Error Recovery" maka pilih »Start Windows Normally.

3. Langkah berikutnya kalian tunggu proses booting Windows beberapa saat.

4. Selesai.

3. Jalankan Command Prompt


Untuk mengatasi Windows Error Recovery kalian bisa menggunakan Command Prompt, supaya error yang terjadi di Windows 10 selesai.

Menggunakan CMD ini berfungsi agar supaya user dapat menjalankan perintah tertentu. kali ini kalian dapat menyelesaikan Windows Error Recovery ini  dengan dua metode. 

Pertama

1. Kalian buka Command Prompt melalui halaman Recovery Options.

2. Selanjutnya kalian ketikkan perintah di CMD, sambil tekan enter.
bootrec /ScanOS
bootrec /FixMbr
bootrec /FixBoot
bootrec /RebuildBcd
a
exit
3.Kalau sudah selesai, kalian silahkan Restart.

Kedua

1. Kalian buka terlebih dahulu Recovery Options.

2. Selanjutnya buka Command Prompt dengan tekan Windows + R.

3. Ketik perintah di CMD  “bcdedit /set {current} bootstatuspolicy ignoreallfailures“, lalu Enter.

4. Terakhir,kalia Restart Komputer seperti biasa.

4. Jalankan System Restore


Langkah terakhir yang bisa kalian gunakan System Restore pada Windows 10 sebagai solusi mengatasi Windows Error Recovery.

Baca Juga: 

Bisa saja dengan kalian mengembalikan sistem komputer sebelum terjadinya sebuah masalah tersebut. bisa membantu kalian mengatasi Windows Error Recovery.

Berikut ini langkah menjalankan System Restore

1. Hidupkan komputer atau laptop kalian dengan tekan Tombol Power.

2. Ketika proses booting berjalan, kalian tekan F8 » pilih Repair Your Computer » kemudian Enter.

3. Selanjutnya “Select a keyboard input method”, pilih US » klik Next.

4. Kalau komputer kalian memiliki password, silakan masukkan terlebih dahulu » klik OK.

5. Selanjutnya  pada layar  “System Recovery Options” pilih System Restore.

6. Setelah itu sudah selesai semua kalian ikuti langkah  yang ada pada layar.

7. Selesai.

Kesimpulan

Windows Error Recovery sering kalian temui di komputer atau laptop, untuk itu kalian bisa ikuti langkah-langkah yang telah di ulas lengkap di atas untuk memperbaiki Windows Error Recovery supaya berhasil.

Oleh karena itu, ika kenyataannya langkah-langkah di atas belum membantu kalian untuk memperbaiki Windows Error Recovery, sebaiknya kalian membawa komputer atau laptop ke tempat service komputer, untuk di lakukan pengecekan pada Hardware .

Saya hanya melakukan salah satu dari empat cara di atas. Anda bisa atur, mana yang sekiranya dibutuhkan. Selain itu, Anda juga bisa mencobanya satu per satu sampai bisa.

Jika belum berhasil, silahkan kalian kirim komnetar mellaui kolom komentar di bawah ini.

Semoga bermanfaat.
Share This Article :
Moh Shahibul Ulum

Media online yang menghadirkan berbagai informasi mengenai dunia teknologi saat ini.

517994432916024759